Bahasa Arab SD 5 - Semester 1
Tim Al Madinah
Rp40.000
Rp50.000
-20%
50 tersedia
Detail Produk
Kategori
Bahasa Arab SD
Penerbit
Pustaka Al Madinah
Jumlah:
Deskripsi
📖 Deskripsi Produk
Buku al-Lughah al-‘Arabiyyah – Kelas 5 Semester 1 merupakan buku tingkat menengah-keatas untuk siswa SD/MI yang telah menguasai dasar struktur Bahasa Arab. Materi pada semester ini difokuskan untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap unsur inti dalam penyusunan kalimat Arab, terutama mubtada’–khabar, fi‘il, serta berbagai kosakata tematik terkait ibadah, belajar, gotong-royong, dan aktivitas bermain.
Dengan mengikuti Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) resmi, buku ini menyajikan pembelajaran secara visual, komunikatif, dan aplikatif. Materi dirancang agar siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkannya dalam percakapan, latihan kalimat, dan keterampilan membaca maupun menulis.
📚 2. Kompetensi Dasar (KD) – Isi Materi Buku
🟦 A. Pengetahuan
1.1 Mengenal Mubtada’
Pengenalan subjek dasar dalam kalimat Bahasa Arab (المبتدأ), fungsi, dan ciri-cirinya.
1.2 Mengenal Khabar
Memahami predikat dalam kalimat Arab (الخبر) serta bentuk-bentuknya.
1.3 Mengenal Fi‘il (فعل)
Mempelajari kata kerja dasar, fungsinya dalam kalimat, dan contoh penggunaan sehari-hari.
1.4 Mengenal Kosakata Tematik
Meliputi kosakata tentang:
• Ibadah
• Belajar
• Gotong royong
• Aktivitas bermain
1.5 Mengenal Susunan Kata Menjadi Kalimat
Memahami bagaimana kata-kata disusun menjadi kalimat Arab yang bermakna.
🟩 B. Keterampilan
✔ Menerapkan Mubtada’
Latihan menentukan dan menyusun mubtada’ dalam kalimat.
✔ Menerapkan Khabar
Contoh penerapan:
• الْمَدْرَسَةُ جَمِيلَةٌ
• الطَّالِبُ مُجْتَهِدٌ
✔ Menerapkan Fi‘il (فعل)
Penggunaan kata kerja dalam kalimat, seperti:
• يَقْرَأُ
• يَلْعَبُ
• يَذْهَبُ
Buku al-Lughah al-‘Arabiyyah – Kelas 5 Semester 1 merupakan buku tingkat menengah-keatas untuk siswa SD/MI yang telah menguasai dasar struktur Bahasa Arab. Materi pada semester ini difokuskan untuk memantapkan pemahaman siswa terhadap unsur inti dalam penyusunan kalimat Arab, terutama mubtada’–khabar, fi‘il, serta berbagai kosakata tematik terkait ibadah, belajar, gotong-royong, dan aktivitas bermain.
Dengan mengikuti Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) resmi, buku ini menyajikan pembelajaran secara visual, komunikatif, dan aplikatif. Materi dirancang agar siswa tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkannya dalam percakapan, latihan kalimat, dan keterampilan membaca maupun menulis.
📚 2. Kompetensi Dasar (KD) – Isi Materi Buku
🟦 A. Pengetahuan
1.1 Mengenal Mubtada’
Pengenalan subjek dasar dalam kalimat Bahasa Arab (المبتدأ), fungsi, dan ciri-cirinya.
1.2 Mengenal Khabar
Memahami predikat dalam kalimat Arab (الخبر) serta bentuk-bentuknya.
1.3 Mengenal Fi‘il (فعل)
Mempelajari kata kerja dasar, fungsinya dalam kalimat, dan contoh penggunaan sehari-hari.
1.4 Mengenal Kosakata Tematik
Meliputi kosakata tentang:
• Ibadah
• Belajar
• Gotong royong
• Aktivitas bermain
1.5 Mengenal Susunan Kata Menjadi Kalimat
Memahami bagaimana kata-kata disusun menjadi kalimat Arab yang bermakna.
🟩 B. Keterampilan
✔ Menerapkan Mubtada’
Latihan menentukan dan menyusun mubtada’ dalam kalimat.
✔ Menerapkan Khabar
Contoh penerapan:
• الْمَدْرَسَةُ جَمِيلَةٌ
• الطَّالِبُ مُجْتَهِدٌ
✔ Menerapkan Fi‘il (فعل)
Penggunaan kata kerja dalam kalimat, seperti:
• يَقْرَأُ
• يَلْعَبُ
• يَذْهَبُ